Gejala Asam Urat Yang Perlu Diketahui

Gejala Asam Urat dan Cara Mengobatinya - Posting kali ini akan membahas semua tentang asam urat, mulai dari gejala, pengobatan, penyebab, dan pantangan asam urat. Penyakit asam urat memang sangat mengganggu aktifitas sehari - hari kita. Mau ngapa - ngapain tidak enak dan terasa sakit, berjalan saja kadang susah.
 
Apa penyakit Asam Urat?
Menurut Wikipedia " Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini

Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini. "

Gejala Asam Urat
- Semua otot - otot terasa nyeri dari mulai lutut, pinggang, pinggul, punggung, pundak dan juga bahu, biasanya kan terasa pada pagi dan malam hari.
- Bagian yang terkena akan kelihatan Bengkak, kemerahan dan terasa panas.
- Badan terasa capek dan pegal - pegal.
- Frekuensi buang air kecil meningkat.
- Kesemutan dan linu - linu.
- Memicu terjadinya kencing batu, jika yang diserang daerah ginjal.

Pengobatan Asam urat
Disini ada 2 macam pengobatan asam urat, yaitu secara modern dan tradisional. Untuk secara modern kita bisa datang ke dokter spesialis, dikasih obat sembuh dech...Tetapi untuk pengobatan secara moder kadang menimbulkan efek samping pada penderita misalnya gangguan pada lambung.

Untuk pengobatan secara tradisional, relatif lebih aman dan jarang ditemui efek sampingnya. Menurut bebarapa sumber yang dihimpun zona aneh dari internet, pengobatan asam urat secara tradisional dengan meracik sendiri tanaman Sidaguri atau Sida rhombifolia L dan mahkota dewa. kedua tanam tersebut disinyalir mampu mengatasi asam urat.

Tanaman Sidaguri banyak mengandung alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, minyak terbang, dan zat philegmatic.Pada batangnya mengandung tanin dan kalsium oksalat. Pada akarnya pun terdapat kaloid, steroid dan efedrine. semua kandungan tersebut terbukti ampuh mengatasi asam urat. Bagian yang digunakan adalah seluruh bagian tumbuhan dengan kondisi masih segar dan kering.

Caranya yaitu ambil sidaguri secukupnya, rebus dengan beberapa gelas air sisakan sekitar dua sampai tiga gelas kecil air rebusan. Diminum sehari dua kali satu gelas.


Gejala Asam Urat dan Cara Mengobatinya
Tanaman Sidaguri

Selain Sidaguri, daun salam juga terbukti ampuh mengatasi asam urat yang tinggi. Caranya adalah ambil daun salam 10 lembah, rebus dengan 700cc air dam sisakan 200cc, minum pada saat masih hangat.
Gejala Asam Urat dan Cara Mengobatinya
Daun Salam

Pantangan Asam Urat
Untuk yang sudah positif asam urat, jangan makan dan minum dibawah ini dan juga makan makanan yang berpurin tinggi, jika ingin asam uratnya segera sembuh
- Melinjo dan emping
- Daging kambing
- Kacang-kacangan
- Alkohol dan soft drink
- Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, dan beberapa ikan lainnya
- Jamur, bayam matang, dan sawi
- Bebek dan kalkun
- Krim dan Es krim
- Jeroan dan gajih (lemak)
- Kerang-kerangan

Daftar Makanan Tinggi Purine Pemicu Asam Urat

Teobromin (kafein cokelat) = 2300mg
Limpa domba/kambing = 773mg
Hati sapi = 554mg
Ikan sarden = 480mg
Jamur kuping = 448mg
Limpa sapi = 444mg
Daun melinjo = 366mg
Paru-paru sapi = 339mg
Kangkung, bayam = 290mg
Ginjal sapi = 269mg
Jantung sapi = 256mg
Hati ayam = 243mg
Jantung domba/kambing = 241mg
Ikan teri = 239mg
Udang = 234mg
Biji melinjo = 222mg
Daging kuda = 200mg
Kedelai & kacang-kacangan = 190mg
Dada ayam dg kulit = 175mg
Daging ayam = 169mg
Daging angsa = 165mg
Lidah sapi = 160mg
Ikan Kakap = 160mg
Tempe = 141mg
Daging bebek = 138mg
Kerang = 136mg
Udang Lobster = 118mg
Tahu = 108mg
*) Angka diatas dihitung per 100gram makanan

Demikian tadi Gejala Asam Urat dan Cara Mengobatinya, mudah - mudahan sangat bermanfaat bagi sahabat zonaaneh yang lagi terkena penyakit asam urat. Selain berusaha, jangan lupa berdoa kepada Allah SWT untuk kesembuhan penyakitnya. Sekian, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar